Wednesday, December 03, 2008

Belajar Desain Concept [:design learning concept]


This is the first concept (or can we call it manifesto?) of BELAJAR DESAIN (in english we name it DESIGN LEARNING), an open designers community for young designers, artist, architects and other design practitioners to discuss and exhibit their works regularly.We established since October 2004 and already have more than 3500 mailing list members in December 2008.



! NO BOUNDARY IN LEARNING DESIGN !
[architecture, interior, graphic, product, visual communication, art, music, dancing, theater, photography, film & cinematography, writing, fashion, and other kind of design]

to subscribe, send a blank email to: belajardesain-subscribe@yahoogroups.com
we also have GROUP in FACEBOOK, called DESIGN LEARNING [: designers open community] in this link: http://www.facebook.com/group.php?gid=33698896886 (you should have a Facebook account to join)






latar belakang

Berkumpul, berpresentasi membedah suatu desain adalah hal yang lazim dilakukan oleh kita yang memang dilatar belakangi oleh pendidikan yang beorientasi desain. Seni mencipta yang dari hari ke hari semakin berkembang dengan pesat tentu tidak lepas dari perhatian kita sebagai pengamat, penikmat dan pelaku dari dunia desain. Langgam, teknologi sampai manifesto baru yang didengung-dengungkan oleh berbagai pihak dari seluruh belahan dunia, sudah barang tentu mempengaruhi kita yang berkecimpung dalam dunia desain ini. Kolaborasi-kolaborasi antar disiplin desain sudah banyak terjadi yang membuat kita mau tidak mau memberi perhatian yang lebih tidak hanya pada satu disiplin desain tertentu saja.

Hal tersebut mendapat perhatian dari kami yang sangat peduli dan ingin memberikan sumbangan bagi perkembangan dunia desain di Indonesia khususnya bagi desainer-desainer muda di Indonesia baik yang berasal dari disiplin arsitektur, interior, produk, grafis, komunikasi visual, seni, musik, teater, koreografi, fotografi, sinematografi, sastra, fashion dan seni-seni desain lainnya.


maksud dan tujuan

Dengan berbagai potensi yang dimiliki oleh desainer-desainer muda yang gemar bereksplorasi dan tengah berpraktisi tersebut, kami mengupayakan berjalannya sebuah komunitas belajar, yang kami namai BELAJAR DESAIN. Komunitas ini dalam setiap kesempatannya akan berusaha mempelajari setiap perkembangan, pergerakan dan isu-isu di seputar dunia desain. Hal ini kami lakukan dengan cara melakukan presentasi-presentasi desain, pameran antar disiplin desain, sayembara desain, membedah buku-buku desain terbaru, dan mengadakan diskusi-diskusi antar disiplin desain.

Tujuan dari hal-hal yang dilakukan diatas sudah barang tentu berusaha menghasilkan komunitas yang sangat sadar akan desain apa yang berkembang di sekitar kita dan pada akhirnya dapat teraplikasi dalam setiap tarikan garis, ucapan yang terlontar dan karya yang tercipta.

Efek positif yang diinginkan, tentu saja sebagai ajang aktualisasi diri individu-individu yang berkecimpung di dalam komunitas. Dan tujuan lainnya adalah memberikan sumbangan pemikiran dan karya bagi dunia desain di Indonesia.

Hal tersebut tentu saja membutuhkan kesinergian dari semua pihak agar maksud dan tujuan diatas dapat tercapai. Walaupun mungkin saja di tengah perjalanan akan mendapatkan rintangan, namun kami optimis apabila semua pihak yakin dan saling bahu-membahu, maka segala macam hambatan kelak akan terlewati.

macam kegiatan

Presentasi desain
Pameran antar disiplin desain
Sayembara desain
Bedah buku desain
Diskusi antar disiplin desain
Kunjungan ke workshop
Menikmati dan merasakan desain baru

peserta kegiatan

Mahasiswa desain di Indonesia
Praktisi desain di Indonesia
Institusi desain di seluruh Indonesia
Masyarakat umum


waktu & tempat kegiatan

Jum’at malam, minggu kedua dan keempat setiap bulan, pukul 19.00-21.00,
tempat tentative
Jum’at malam setiap 2 bulan sekali kerjasama dengan aksara bookstore,
tempat di aksara bookstore Kemang

kerjasama antar pihak

Bagi semua pihak yang mendukung terselenggaranya acara ini, maka nama pihak tersebut akan di tayangkan di setiap awal presentasi.


dokumentasi kegiatan

Setiap karya yang telah dipresentasikan, akan di masukkan kedalam website karya yang telah kami siapkan, sehingga tetap dapat diakses setelah acara berlangsung. Linknya adalah: http://groups.yahoo.com/group/belajardesain/photos/album/0/list


contact person

Moderator milis Belajar Desain: belajardesain-owner@yahoogroups.com
Erick Budhi Yulianto: erickbudhi@yahoo.com
Cahyo Candrawan: gonxi_pocai@yahoo.com
Margunawan: margunawan@yahoo.com
Sigit Kusumawijaya: expialidocious99@yahoo.com

No comments: